Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh

Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh - Hallo sahabat Demasyuri, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh
link : Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh

Baca juga


Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh

 C. Klausa Bahasa Indonesia
1. Pengertian Klausa

Meneurut KBBI, Klausa merupakan satuan gramatikal yang berupa kelompok kata, sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi menjadi kalimat. Kridalaksana (1982:85) berpendapat bahwa "klausa merupakan satuan gramatikal berupa kelompok kata yang sekurang-kurangnya tediri dari subjek dan predikat dan mempunyai potensi untuk menjadi kalimat."

Pengertian yang sama juga dikemukakan oleh Ramlan (1981:62) "Klausa dijelaskan sebagai satuan gramatik yang terdiri atas dari P, baik disertai S, O, PEL, dan KET atau tidak. Dengan ringkas klausa ialah (S) P (O), (PEL) (KET). Tanda kurung menandakan bahwa apa yang terletak dalam kurung itu bersifat manasuka, artinya boleh ada, boleh juga tidak ada."

Berdasarkan pengertian dari beberapa ahli diatas dapat kita simpulkan bahwa klausa adalah satuan gramatik yang unsur-usurnya minimal terdiri atas Subjek-Predikat dan maksimal unsurnya terdiri atas Subjek-Predikat-Objek-Pelengkap-Keterangan. 

Misalnya:
- Saya tidur.
- Saya sedang tidur.
- Saya sedang tidur kemarin 
- Saya sedang tidur kemarin pagi.

2. Jenis-jenis Klausa

Klausa dilihat dari segi kategori kata atau frasa yang menduduki fungsi Predikat terdiri atas klausa: nominal, klausa verbal, klausa bilangan, dan klausa depan. ( Ramlan,1981).

1) Klausa nominal adalah klausa yang predikatnya terdiri dari kata atau frase golongan nomina. Misalnya :
- Ia guru IPA
- Yang dibeli pedagang itu kayu

2) Klausa verbal adalah klausa yang predikatnya terdiri dari kata atau frasa kategori verbal, dan klausa vebal terbagi atas empat jenis, yakni:

a) Klausa verbal yang ajektif adalah klausa yang predikatnya dari kata golongan verbal yang termasuk kategori sifat sebagai pusatnya. Misalnya:
- Rumahnya sangat luas
- Motornya sangat mahal
- Rumahnya indah sekali

b) Klausa verbal intransitif adalah klausa yang predikatnya dari kata golongan kata kerja intransitif sebagai unsur intinya. Misalnya :
- Burung merpati sedang terbang di angkasa
- Adikku sedang bermain-main di lapangan
- Pesawat Lion Air belum mendarat di Lanud Hasanuddin

c) Klausa verbal yang aktif adalah klausa yang predikatnya dari kata golongan verbal yang transitif sebagai unsur intinya. Misalnya :
- Ibuku sedang mencuci piring
- Pamanku sedang mengajarkan IPS
- Guru-guruku sedang mengikuti pelatihan PIPS

d) Klausa verbal yang reflektif adalah klausa yang predikatnya dari kata verbal yang tergolong kata kerja reflektif. Misalnya :
- Mereka sedang mendinginkan diri.
- Anak-anak itu sedang menyelamatkan diri.
- Kakek Adi telah mengobati peenyakitnya.

e) Klausa verbal yang resiprok adalah klausa yang predikatnya dari kata golongan verbal yang termasuk kata keja resiprok. Misalnya :
- Mereka saling melempar batu karang.
- Mereka tolong menolong di sungai
- Anak-anak itu ejek-mengejek di sekolah

3) Klausa bilangan adalah klausa yang predikatnya dari kata atau frase golongan bilangan. Misalnya :
- Kaki meja itu empat buah
- Mobil itu delapan rodanya.
- Rumah panggung itu duapuluh tiangnya

4) Klausa depan adalah klausa yang predikatnya dari kata atau frasa depan yang diawali kata depan sebagai penanda. Misalnya :
- Baju dinas itu untuk pegawai pemda.
- Mobil itu dari Amerika.
- Makanan lezat itu buat adik-adikmu.

Berikut penjelasan Klausa pada kali ini. Semoga bermanfaat. 


Demikianlah Artikel Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh

Sekianlah artikel Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh dengan alamat link https://demasyuri.blogspot.com/2016/05/pengertian-klausa-jenis-dan-contoh.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Klausa, Jenis dan Contoh"

Post a Comment