Pengertian Filologi Secara Etimologi

Pengertian Filologi Secara Etimologi - Hallo sahabat Demasyuri, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Filologi Secara Etimologi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Filologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Filologi Secara Etimologi
link : Pengertian Filologi Secara Etimologi

Baca juga


Pengertian Filologi Secara Etimologi



Pengertian filologi, secara etimologi, filologi berasal dari kata Philos yang berarti cinta  dan logos berarti kata, Secara terminologi, filologi disebut sebagai ilmu yang mempelajari bahasa, budaya, dan sejarah melalui bahan tertulis. Sekarang ini istilah filologi diartikan sebagai ilmu yang menyelidiki masa kuno dari nilai berdasarkan naskah-naskah tertulis.
Ada lagi yang mengatakan bahwa filologi merupakan ilmu yang mempelajari bahasa dalam sumber-sumber sejarah yang ditulis, yang merupakan kombinasi dari kritik sastra, sejarah, dan linguistik. Hal ini lebih sering didefinisikan sebagai studi tentang teks-teks sastra dan catatan tertulis, penetapan dari keotentikannya dan keaslian dari pembentukannya dan penentuan maknanya. Filologi juga merupakan ilmu yang mempelajari naskah-naskah dari zaman kuno.

Macam- macam pengertian filologi dan sejarah perkembangannya
1.     Filologi sebagai ilmu tentang pengetahuan yang pernah ada
Informasi mengenai masa lampau suatu masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat kini melalui peninggalan-peninggalannya baik yang berupa benda-benda budaya ataupun karya tulisan, karya tulisan pada umumnya mempunyai caku[an informasi yang luas, oleh karna itulah, kemudian filologi memperoleh arti pengetahuan.

2.     Filologi sebagai ilmu bahasa
Sebagai hasil budaya masa lampau, peninggalan tulisan masa lampau perlu dipahami dalam konteks masyarakat yang melahirkannya, pengertian tentang berbagai konvensi yang hidup dalam masyarakat yang melatar belakangi penciptanya mempunyai peran yang besar bagi upaya untuk memahami kandungan isinya, mengingat bahwa awal dari karya tulisan masa lampau berupa bahasa, maka pekerja filologi pertama-tama dituntut untuk mengetahui bekal pengetahuan tentang bahasa yang dipakai dalam tulisan lama tersebut, hal ini berarti juga bahwa pengetahuan kebahasaan secara luas diperlukan untuk membongkar isi karya tulisan masa lampau, dengan demikian seorang pekerja filologi harus pula ahli bahasa, dari situasi inilah kemudian filologi dipandang sebagai ilmu bahasa.

3.     Filologi sebagai ilmu sastra tinggi
Dalam perkembangannya karya-karya tulisan masa lampau yang didekati dengan filologi berupa karya-karya yang memiliki nilai yang tinggi didalam masyarakat, karya-karya itu pada umumnya dipandang sebagai karya-karya sastra ‘adiluhung’

4.     Filologi sebagai studi teks
Filologi dipakai juga untuk menyebut ilmu yang berhubungan dengan studi teks, yaitu studi yang dilakukan dalam rangka mengungkapkan hasil budaya yang tersimpan didalamnya, pengertian demikian antara lain dapat dijumpai pada filologi di negara belanda.

5. Filologi Sebagai Ilmu Bantu Sejarah Kebudayaan.
 Di antara kegiatan filologi adalah mengumpulkan naskah-naskah lama, memelihara dan menyuntingnya. Oleh karenanya filologi banyak mengungkap khazanah ruhaniyah warisan nenek moyang, seperti : kepercayaan, adat istiadat, kesenian dan lainnya. Lewat pembacaan naskah lama, banyak kita jumpai istilah-istilah untuk unsur-unsur budaya dalam bidang musik, takaran, timbangan, ukuran, mata uang dan sebagainya. Semua itu merupakan bahan yang sangat berguna di dalam penysunan sejarah kebudayaan.



Demikianlah Artikel Pengertian Filologi Secara Etimologi

Sekianlah artikel Pengertian Filologi Secara Etimologi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Filologi Secara Etimologi dengan alamat link https://demasyuri.blogspot.com/2016/04/pengertian-filologi-secara-etimologi.html

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Filologi Secara Etimologi"

  1. Pengertian Filologi Secara Etimologi - Demasyuri >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Filologi Secara Etimologi - Demasyuri >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Filologi Secara Etimologi - Demasyuri >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete