Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh

Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh - Hallo sahabat Demasyuri, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh
link : Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh

Baca juga


Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh

Pengertian Frase

Sebelum memahami lebih detail mengenai frasa, alangkah baiknya jika saya memberi contoh terlebih dahulu . 

Contoh frasa: Dua anak telah makan nasi goreng tadi pagi

Perhatikan penjabaran fungsi kalimat di atas:

  1. Dua anak (S)
  2. Telah makan (P)
  3. Nasi goreng (O)
  4. Tadi pagi (Ket. tempat)


Kalimat di atas terdiri atas empat frasa, yaitu "dua anak," "telah makan," dan "nasi goreng", "tadipagi".

Jadi dapat kita simpulkan bahwa frasa memiliki sifat sebagai berikut:

1. Frasa terdiri atas dua kata atau lebih.

2. Frasa selalu menduduki satu fungsi kalimat (Subjek, Predikat, Objek, dll)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Frasa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif. Frase juga didefinisikan sebagai satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonprediktif, atau lazim juga disebut gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis di dalam kalimat (Chaer, 1991:222). Frase adalah satuan konstruksi yang terdiri atas dua kata atau lebih yang membentuk satu kesatuan (Keraf, 1984:138).

Menurut Prof. M. Ramlan, frase adalah satuan gramatik yang terdiri atas satu kata atau lebih dan tidak melampaui batas fungsi atau jabatan (Ramlan, 2001:139). Artinya sebanyak apapun kata tersebut asal tidak melebihi jabatannya sebagai Subjek, predikat, objek, pelengkap, atau pun keterangan, maka masih bisa disebut frasa.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa frase adalah kelompok kata yang mendukung suatu fungsi (subjek, predikat, pelengkap, objek dan keterangan) dan kesatuan makna dalam kalimat.


2. Jenis-jenis Frase
Ramlan (1981) Membagi frase berdasarkan kesetaran distribusi unsur-unsurnya atas dua jenis, yakini frase endosentrik dan frase eksosentrik.

1) Frase endosentrik
Frase endosentrik yang distribusi unsur-unsurnya setara dalam kalimat. Frase endosentrik terbagi atas tiga jenis:

a) Frase endosentrik koordinatif yakni frase yang unsur-unsurnya setara, dapat dihubungkan dengan kata dan, atau. Misalnya :
- rumah pekarangan
- kakek nenek
- suami istri

b) Frase endosentrik atributif, yakni frase yang unsur-unsurnya tidak setara sehingga tidak dapat disisipkan dengan kata penghubung dan, atau. Misalnya:
- buku baru
- sedang mengajar
- belum belajar

c) Frase endosentrik apositif, yakni frase yang unsurnya bisa saling menggantikan dalam kalimat tapi tak dapat dihubungan dengan kata dan dan atau. Misalnya:
- Almin, anak Pak Darto sedang membaca
- Anak Pak Darto sedang belajar
- Ahmad sedang belajar

2) Frase eksosentrik adalah frase yang tidak mempunyai distribusi yang sama dengan semua unsurnya, misalnya:
- Di Rumah
- Ke Pasar
- Dari Desa

Frase ditinjau dari segi persamaan distribusi dengan golongan atau kategori kata, frase terdiri atas: frase nominal, frase verbal, frase ajektival, frase, pronomina, frase numeralia. (Depdikbud, 1988).
1) Frase verbal adalah satuan bahasa yang terbentuk dari dua kata atau lebih dengan verba sebagai intinya dan tidak merupakan klausa. Misalnya:
- Kapal lauat itu sudah berabuh
- Ayah saya belum mandi.
- Ibu saya sedang mencuci

2) Frase nominal adalah dua buah kata atau lebih yang intinya dari dari nominal atau benda dan satuan itu tidak membentuk klausa. Misalnya:
- Kakek membeli tiga buah layang-layang.
- Amiruddin makan beberapa butir telur itik.
- Syarifuddin menjual tigapuluh kodi kayu besi

3) Frase ajektival adalah satuan gramatik yang terdiri atas dua kata atau lebih sedang intinya adalah ajektival (sifat) dan satuan itu tidak membentuk klausa. Misalnya:
- Ibu bapakku sangat gembira
- Baju itu sangat indah
- Mobil ferozamu baru sekali

4) Frase pronomina adalah dua kata atau lebih yang intinya pronomina dan hanya menduduki satu fungsi dalam kalimat. Misalnya :
- Saya sendiri akan pergi ke pasar
- Kami sekalian akan bekunjung ke Tator
- Kamu semua akan pergi studi wisata di Tator

5) Frase numeralia adalah dua kata atau lebih yang hanya menduduki satu fungsi dalam kalimat namun satuan gramatik itu intinya pada numeralia. Misalnya:
- Tiga buah rumah sedang terbakar
- Lima ekor ayam sedang terbang
- Sepuluh bungkus kue akan dibeli

Demikian penjelasan frasa pada kali ini. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh

Sekianlah artikel Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh dengan alamat link https://demasyuri.blogspot.com/2016/05/pengertian-frasa-jenis-dan-contoh.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Frasa, Jenis dan Contoh"

Post a Comment