CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR

CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR - Hallo sahabat Demasyuri, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR
link : CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR

Baca juga


CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR

MAKALAH
PENGGUNAAN BAHASA
DILINGKUNGAN PELAJAR






Dosen Pembimbing
Drs. H. Eddy Sugiri, M. Hum.

Disusun Oleh:
1.      Amriyana Lista Nugraha             ( 121411131019 )
2.      Rengga Anstice                             ( 121411131046 )
3.      Utsmanul Fatih                             ( 121411131002 )



DEPARTEMEN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Bahasa merupakan suatu komponen terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang baik secara penuturan langsung atau bahasa lisan maupun tulisan. Dalam komunikasi sendiri sering ditemui ketidakpahaman antara penutur dan pendengar. Faktor tersebut karena tingkatan bahasa yang digunakan penutur  terlalu tinggi atau ia menggunakan bahasa populer, sehingga orang yang diajak bicara tidak paham apa yang sedang dibicarakan penutur.
Mengetahui tingakatan bahasa harus dimiliki oleh setiap orang terutama penutur agar tingkat keberhasilan komunikasi bisa efektif. Contoh seorang dosen yang sedang mengajar dengan bahasanya, yakni bahasa populer. Dalam kasus tersebut mahasiswa mampu memahami bahkan ada timbal balik karena mahasiwa mengerti apa yang dibicarakan dosen. Apabila dosen tersebut berkomunikasi dengan anak kecil menggunakan bahasa yang biasanya dipakai saat berkomunikasi dengan mahasiswa, maka yang terjadi ialah anak tersebut tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan penutur. Oleh karena itu, agar terjadi komunikasi yang efektif harus mengerti lawan bicara atau orang yang diajak bicara.
Kata baku yang baik dan benar menurut EYD sepantasnya menjadi bahasa komunikasi sehari-hari. Walaupun banyak yang orang berkata bahwa kata baku hanya digunakan pada saat acara-acara resmi seperti diskusi, rapat, presentasi, dll., namun apa salahnya jika digunakan pada saat mengobrol. Selain sebagai pembelajaran terutama pada anak-anak seusia SD, kata baku juga sebagai kemahiran dalam berkomunikasi.

1.2         Rumusan Masalah
          Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah dalam penelitian ini ialah “bagaimana penggunaan bahasa tutur dikalangan anak-anak?”

1.3         Tujuan
          Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan bahasa Indonesia dikalangan anak-anak.

1.4         Manfaat penelitian
          Dengan diadakannya penelitian ini, peneliti berharap pembaca dapat mengerti bahasa Indonesia yang digunakan pelajar dikalangan anak-anak.










           














BAB II
METODE PENELITIAN
2.1  Jenis penelitian
       Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun laporan makalah ini adalah dengan cara  bertanya langsung kepada narasumber, sehingga memperoleh data yang akurat.
 2.2  Obyek Penelitian
        Obyek penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam membuat makalah yang berjudul “Penggunaan Bahasa dilingkungan Pelajar” ini adalah dengan cara bertanya langsung kepada siswa yang bersangkutan.
2.3  Teknik Analisis Data
               Dalam penelitian kualitatif ini, setelah semua data terkumpul, maka langkah yang selanjutnya ialah memilih data. Mana data yang sesuai (relevan) dan data mana yang tidak sesuia. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan “analisis data deskriptis”, yaitu peneliti menggambarkan jawaban dari hasil observasidan hasil wawancara diatas dalam bentuk kontekstual.














BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bahasa merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa bahasa tutur atau bahasa tulis orang tidak akan mengerti suatu hal. Namun, tidak semua bahasa dimengerti oleh semua orang. Dalam bahasa indonesia, ada yang namanya bahasa dengan menggunakan kata istilah dan kata populer. kata istilah ialah bahasa yang dipakai untuk suatu pengkajian atau kepentingan keilmuan. Sedangkan kata populer sendiri ialah kata yang lazim digunakan pada masyarakat pada umumnya. Ini terkadang yang menyebabkan pendengar tidak mengerti maksudnya saat penutur menggunakan bahasa istilah.
Sama halnya dalam dunia pendidikan. Pada saat proses belajar, penutur terkadang menggunakan kata istilah dan kata populer. Kata istilah digunakan agar mengerti bahasa populer dari permasalahan pembelajaran tersebut. Dan kata populer digunanakan agar timbal balik antara penutur dan pendengar dapat terjadi.
Pengunaan kata istilah wajar digunakan pada saat proses pembelajaran ditingkat SMA ataupun perkuliahan, sebab kata tersebut tidak asing lagi bagi mereka. Namun jika kata istilah tersebut digunakan pada saat proses pembelajaran ditingkat SD, kata istilah tersebut tidak mudah untuk dipahami oleh mereka. Kata istilah yang digunakan dalam proses belajar tingkat SD hanya kata istilah yang umum, seperti kata istilah; efektif, istilah Dalam konteks tersebut, penggunaan kata harus sesuai dengan tingkat kecerdasan dan penggunaan dalam mengolah kata.
Proses yang baik ketika pembelajaran ditingkat SD ialah menggunakan kata populer yang baku. Baku maksudnya ialah kata yang sesuai dengan aturan bahasa Indonesia. seperti contoh kata istilah dan populer sebagai berikut ; aktivitas (istilah) kegiatan (populer). Pasien (istilah) orang sakit (populer), rangking (istilah) peringkat (populer), dll. kata tersebut masih dalam kategori “kata istilah ringan”. Semisal jika kata istilah yang digunakan dalam proses belajar setingkat SD ialah ; absolutisme, mikro, makro, dll. ini akan membuat siswa merasa jenuh dan tidak mengerti maksud pembicaraan tersebut. Apalagi yang paling parah ialah ada guru yang menggunakan bahasa daerah ataupun bahasa prokem.
Seperti contoh ada guru yang berkata pada saat proses belajar, “sandi adalah orang keturunan darah biru”.dari contoh tersebut, anak SD dan setingkatnya akan mengira bahwa sandi keturunan dari orang yang darahnya biru, bukan merah. Tapi jika kalimat tersebut papar pada orang yang sudah mengerti, maka secara langsung orang tersebut berpikir bahwa sandi adalah kalangan bangsawan atau orang terpandang.
Penggunaan kata istilah dalam proses belajar untuk anak-anak kurang baik karena sulit dipahami. Namun ada baiknya juga karena sebagai pengenalan istilah baru. Bahasa yang digunakan anak-anak seusia SD ialah cenderung bahasa daerah masing-masing. Baik diluar maupun di dalam kelas. Ini dikarenakan saat masih kecil sudah diperkanalkan oleh lingkungan bahasa daerah tersebut.




















BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
        Bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang tidak dapat dipisahkan lagi. Namun ada juga seseorang yang tidak saling mengerti antara penutur dan pendengar yang disebabkan karena kata yang diucapkan penutur tidak dimengerti oleh pendengar.
Menggunakan kata baku tidak harus digunakan pada saat acara-acara resmi saja, tetapi juga dapat dipraktikan dalam bahasa sehari-hari, agar orang-orang tidak mengutamakan bahasa prokem dalam kesehariannya.
4.2  Saran
       Guru sebagai penutur dalam proses belajar. Guru harus menggunakan bahasa baku yang baik dan benar, karena dengan begitu anak-anak bisa mengerti mana yang benar dan mana yang salah.
              


















DAFTAR PUSTAKA
Khoirudin., dkk. 2009. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta:                           Lentera Ilmu

Rohman, Muhammad., dkk. Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta:                             Cakrawala Media


Demikianlah Artikel CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR

Sekianlah artikel CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR dengan alamat link https://demasyuri.blogspot.com/2016/04/contoh-makalah-penggunaan-bahasa.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH MAKALAH PENGGUNAAN BAHASA DILINGKUNGAN PELAJAR"

Post a Comment