Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer

Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer - Hallo sahabat Demasyuri, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sastra, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer
link : Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer

Baca juga


Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer

            
            Novel               : Kapai-kapai
            Pengarang       : Arifin C. Noer
            Tahun Terbit   : tahun, 1972
            Tebal Hal         : 64

            Novel “Kapai-kapai”  karya Arifin C. Noer yang berbentuk darma. Dalam novel “kapai-kapai” tersebut di kisahkan tentang sosok Abu yang mencari kebahadiaan yang ingin digapainya. Ia menghalalkan segala cara untuk itu. Dalam novel tersebut juga menggambarkan sosok Emak yang mendongengkan kalau dahulu kala ada seorang pengeran dan putri yang hidup bahagia. Mereka dapat hidup bahagia karena sang pengeran dan sang purtri mempunyai cermin sakti yang disebut dengan cermin tipu daya. Karena keinginan Abu yang ingin hidup bahagia, Abu pun bertanya kepada Emak dimana letak Cermin Tipu Daya yang Emak maksud tadi. Emak pun menjawab kalau cermin yang ia maksud sekarang ada di ujung dunia, negeri Sulaiman.

            Abu masih bingung dengan cermin yang Emak maksud itu, dimana letak negeri sulaiman itu? Dimanakah letak ujung dunia? Abu ngelamun terus menerus dan belum menemukan jawaban. Karena rasa bingungnya, menanyakan kepada katak, pohon, rumput, air, batu, kambing untuk memecahkan permasalahanya. Akhirnya Abu pun bertemu dengan seorang kekek-kakek yang sudah tua, Abu menanyakan tetang hal tersebut. Sang kakek menjawab bahwa cermin sakti ialah cermin yang bisa melahirkan sifat kejujuran dan kesadaran pada setiap hal apa pun. Namun, Abu belum merasa puas dengan jawaban tersebut, ia masih cenderung ke perkataan Emak. Abu masih tetap melamun dan melamun. Tiba lamunan Abu pun hilang ketika majikannya memanggilnya. Namun, Emak masih tetap menghibur hati Abu dan melanjutkan dongeng pangeran dan putri yang kaya raya dengan mengunakan Cermin tersebut. Abu malah bingung.

            Hari-hari Abu di warnai dengan kebingungan. Ia tak seperti biasanya. Ia masih kepikiran tentang Cermin Tipu Daya sebenarnya. Sampai Iyem, istri Abu, ia sangat memarahinya karena perubahannya, Iyem mengetahui kalau Abu sedang tidur enak pada saat jam bekerja. Dalam tidur pulasnya, Abu bermempi bertemu dengan sang putri. Namun dengan kecerdikan Abu, abu pun merayu Iyem yang sedang marah. Kemudia mereka baikan hingga mereka berdua menari sampai berciuman.

            Dalam novel tersebut diceritakan sosok Abu yang mulai menua. Muka Abu mulai mengerut dan tidak berdaya. Tapi iya selalu mengharap Cermin Tipu daya tersebut. Iyem dan Abu bingung memikirkan nasib mereka. Dengan biasanya, Emak selalu memberi semangat untuk menjalani kehidupan yang ada. Emak menghibur dengan cara membawakan lenong dan membawakan sebuah cerita yang mengisahkan pangeran, jin, raja dan lain-lain
.
            Tanggung jawab Abu masih ada. Majikannya masih menyuruh seperti biasanya. Teriakan-teriakan majikan masih bergulir terus menerus. Tapi mau bagaimana lagi, hidup Abu dan Iyem hanya berpacu kepada waktu. Abu sudah pasrah dan dalam pikiranya ia tidak akan mendapatkan Cermin Tipu Daya yang ia harapkan. Namun, Emak berkata bahwa Abu pasti menemukan apa yang ia cari. Kata Emak juga bahwa yang ia cari sudah hampir ketemu. Singkat cerita, Abu telah menemukan ujung dunia yang selama masa hidupnya ia cari, Cermin Tipu daya. Setelah itu Emak membunuh Abu dari belakang. Dan akhirnya Abu meninggal dunia. Itu lah Cermin Tipu Daya yang dimaksud. Sebuah kepuasan hidup.

            


Demikianlah Artikel Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer

Sekianlah artikel Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer dengan alamat link http://demasyuri.blogspot.com/2016/04/sinopsis-novel-kapai-kapai-karya-arifin.html

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sinopsis Novel Kapai-kapai Karya Arifin C. Noer"

  1. Sinopsis Novel Kapai-Kapai Karya Arifin C. Noer - Demasyuri >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sinopsis Novel Kapai-Kapai Karya Arifin C. Noer - Demasyuri >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sinopsis Novel Kapai-Kapai Karya Arifin C. Noer - Demasyuri >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete